Pages

Sabtu, 21 Mei 2011

Western Digital My Book Essential 3TB Revie



 Western Digital (WDC), salah satu produsen penyimpanan utama dunia menghadirkan harddisk eksternal berkapasitas 3TB ke pasar Indonesia. Meski bukan perusahaan pertama yang meluncurkan harddisk berkapasitas sebesar itu, namun produk yang ditawarkan Western Digital merupakan yang pertama yang mendukung penuh koneksi USB 3.0.

Produk yang dimaksud adalah My Book Essential 3TB. Berbeda dengan seri My Passport Essential, produk ini merupakan harddisk eksternal yang lebih ditujukan untuk menampung data pengguna di kantor ataupun di rumah. Bukan untuk dibawa-bawa, meski tetap dapat Anda jinjing jika dibutuhkan.

Spesifikasi dan Fitur
Ada beberapa model yang disediakan oleh WDC untuk harddisk seri ini. Mulai dari kapasitas 500GB hingga 3TB seperti yang dibahas kali ini, dan mulai dari yang hanya mendukung USB 2.0 hingga mendukung USB 2.0 sekaligus 3.0.

Western Digital My Book Essential, khususnya model WDBACW0030HBK ini mendukung USB 3.0 dan juga tetap mendukung USB 2.0. Seperti diketahui, USB 3.0 mampu mentransmisikan data dengan kecepatan maksimum hingga 5Gbps, sedangkan USB 2.0 hanya maksimal 480Mbps. Berikut spesifikasi WD My Book Essential WDBACW0030HBK 3TB.
Kapasitas 3TB
Konektivitas    USB 3.0 (Max 5GBps)

USB 2.0 (Max 480Mbps)
Dimensi fisik 165 x 135 x 48 milimeter

1,18 kilogram
Suhu kerja 5 sampai 35 derajat Celcius
Suhu penyimpanan    -20 sampai 65 derajat Celcius
Sistem file  NTFS
Sistem operasi yang didukung Windows XP, Vista, 7, Mac OS X, Tiger, Leopard, Snow Leopard (perlu diformat ulang)
Sama seperti harddisk eksternal besutan Western Digital lainnya, model ini juga dilengkapi dengan aplikasi SmartWare. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan backup secara otomatis, sinkronisasi file-file secara mudah, dan melindungi file-file tertentu dengan menggunakan password.

Uji Coba
Western Digital My Book Essential menggunakan casing glossy yang membuatnya tampak sederhana. Agar ia tetap bekerja dalam kondisi sejuk, ventilasi disediakan di bagian atas, belakang, dan bawah. Panel input output, konektor serta tombol daya sendiri terletak di bagian belakang.

Saat dihubungkan ke komputer dengan sistem operasi Windows XP 32-bit, produk langsung dapat dikenali. Namun, kapasitas yang terdeteksi hanya 2TB. Demikian pula ketika dipasang pada sistem operasi Windows 7 Ultimate 64-bit.

Agar dapat memanfaatkan sepenuhnya kapasitas 3TB, Anda perlu menjalankan aplikasi WD SmartWare, melakukan Set Up Drive, kemudian memformat drive tersebut. Setelah format selesai dilakukan, kapasitas lega itu siap digunakan.

Pada Windows XP, waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data sebesar 1GB ke harddisk lewat jalur koneksi USB 2.0 mencapai 46,75 detik. Sebaliknya, untuk mengirimkan data dari My Book Essential ke komputer, waktu yang dibutuhkan hanya 39,84 detik.

Menggunakan Windows 7, waktu untuk mengirimkan data sebesar 1GB ke harddisk sedikit lebih lama yakni 1 menit 4,84 detik. Sebaliknya, mengirimkan data dari harddisk eksternal ini ke komputer lewat jalur USB 2.0 dibutuhkan waktu 39,84 detik.

Dari uji coba menggunakan aplikasi CrystalDiskMark, secara sequential, menggunakan koneksi USB 2.0, harddisk ini dapat menuliskan data hingga 34,58MBps dan menulis hingga 26,5MBps. Sebagai perbandingan, jika harddisk Western Digital Essential dipasangkan di port yang mendukung USB 3.0, kecepatan bacanya mencapai 65.95MBps, sedangkan kecepatan tulisnya di 64.97MBps.

Saat ini, Western Digital MyBook Essential 3TB mulai dipasarkan di kisaran harga Rp2 juta. Rasio harganya memang masih terpaut cukup besar dengan versi yang berukuran lebih kecil yakni 2TB dan 1TB yang dipasarkan di kisaran harga Rp1,2 juta dan Rp850 ribu. Namun, itu harga yang sepadan jika membutuhkan kapasitas lega dalam satu unit harddisk.

Kelebihan
-    Kapasitas besar
-    Mendukung USB 3.0 untuk transmisi data lebih cepat

Kekurangan
-    Harga terpaut jauh dengan ukuran di bawahnya. (art)
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar