Pages

Sabtu, 21 Mei 2011

Maxtor OneTouch4 Plus 750GB


 
Maxtor merupakan pemain berpengalaman di bidang media penyimpanan, khususnya harddisk. Meskipun sudah diakuisisi oleh Seagate di tahun 2006, beberapa produk yang dijual masih tetap menggunakan merek Maxtor. Salah satunya adalah OneTouch4 Plus 750GB. Sebuah harddisk eksternal dengan koneksi USB atau FireWire untuk terhubung ke PC desktop ataupun notebook.
Menilik dari ukurannya yang ringkas, produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan yang tidak terlalu sering membawa-bawa data pribadinya. Hanya cukup untuk digunakan sebagai media simpan ataupun backup. Itu semakin dipertegas dengan kapasitasnya yang cukup lega, yakni tiga perempat Terabyte, atau 750 gigabyte.
Spesifikasi dan Fitur
Di jajaran produknya, Maxtor memiliki dua varian dari OneTouch4. Versi standar dan versi yang diberi embel-embel Plus sebagai akhiran. Secara spesifikasi, kedua versi produk sama persis. Bedanya, pada OneTouch4 Plus tersedia ekstra konektivitas FireWire 400 alias IEEE 1394a, alias iLink di samping koneksi USB 2.0/1.1 yang tersedia.
Berikut ini spesifikasi produk yang bersangkutan:

  Maxtor OneTouch4 Plus 750GB
Pilihan kapasitas  250, 500, 750GB, 1TB
Kecepatan rotasi 7200RPM
Buffer cache 16MB
Dimensi produk/bobot 17,1 x 6,3 x 15,2 cm/1,1kg
Konektivitas FireWire 400, USB 1.1/2.0
Fitur Maxtor SafetyDrill
Maxtor DrivePass
OneTouch button 
Kebutuhan sistem
Pentium III 800MHz ke atas, 256MB memori, CD-ROM, Windows XP/Vista, MacOS 10.4.7/10.4.9
Paket perlengkapan Quick start guide, adaptor, kabel USB dan FireWire, SafetyDrill Recovery CD
Fitur unggulan pada produk ini di antaranya adalah Maxtor SafetyDrill, DrivePass, dan tentunya tombol OneTouch. Dengan SafetyDrill, pengguna bisa melakukan perbaikan dari seluruh konten harddisk internal PC ketika terjadi kerusakan sistem ataupun terserang virus. Fitur DrivePass sendiri merupakan fasilitas proteksi berbasis password terhadap data-data yang ada di dalam. Dengan fasilitas enkripsi yang tersedia, secara keseluruhan produk ini memiliki dua level pengamanan data. Untuk backup, dari utility yang ada pengguna bisa melakukan backup terhadap seluruh file hanya dengan satu tombol. Sesi backup ini bisa dilakukan setiap kali dibutuhkan ataupun secara terjadwal, tergantung keinginan pengguna.
Maxtor OneTouch4 Plus 750GB
Pada paket penjualan, Maxtor menyediakan kabel FireWire, USB, petunjuk instalasi, CD berisi utility backup dan keamanan serta adaptor power. Sayangnya, Anda harus membeli konverter sendiri karena adaptor yang tidak sesuai dengan stop kontak yang umum digunakan di Indonesia.

Kinerja Produk
Berikut ini hasil uji coba VIVAnews terhadap Maxtor OneTouch4 Plus 750GB:
Sisoft Sandra 12.30  
Drive Index 5273KB/s
Random Access 10,5ms
HDTach 3.0.4.0  
CPU Utilization 16%
Uji kinerja*  
Read 5 menit 6,67 detik
Write 8 menit 15,95 detik
 *Pengujian menggunakan sebuah file image berukuran 2,5GB
Dari sisi performa, harddisk eksternal ini sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai perangkat simpan cadangan terhadap data-data penting. Meskipun uji dilakukan menggunakan notebook Acer Aspire 4315 yang berprosesor Celeron 560, CPU utilization ketika harddisk sedang bekerja hanya 16 persen saja. Tentu akan lebih rendah lagi bila prosesor yang digunakan memiliki spesifikasi teknis lebih baik. Artinya, ketika sedang beroperasi, sistem (terutama prosesor) tidak banyak terbebani oleh proses yang dilakukan oleh harddisk.
Maxtor OneTouch4 Plus 750GB
Bundel aplikasi yakni Safety Drill yang disertakan juga dapat memudahkan proses backup. Tahap-tahap menjalankan backup sendiri tersedia secara detail. Pilihan koneksi yang ada juga memudahkan pengguna PC ataupun Macintosh menghubungkan OneTouch4 Plus ke komputer.

Secara keseluruhan, bila Anda membutuhkan sebuah media penyimpanan eksternal yang memiliki kapasitas lega, berkinerja baik dan fitur yang memudahkan proses backup, produk ini bisa jadi salah satu pilihan. Hanya satu kekurangan yang kami rasa sangat mengganggu ketika mencoba-coba produk berharga sekitar 180 dolar AS ini. Kabel power yang disertakan tidak menggunakan konektor standar. Akibatnya, pengguna perlu membeli adaptor khusus jika ingin menancapkan harddisk eksternal ini ke stop kontak. Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi distributor produk ini yakni Revolution Media System di nomor 021-6017466.
Kelebihan:
- Kapasitas besar untuk menyimpan banyak data
- Software yang disertakan mempermudah proses backup
Kekurangan:
- Tidak disertakan adaptor untuk menghubungkan ke stop kontak
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar