Pages

Rabu, 01 Februari 2012

Software Untuk Mengakses Internet



        Software untuk mengakses internet adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Terdapat beberapa peranggkat lunak (sofware) yang bisa kita gunakan untuk menjalankan aplikasi internet. Namun tentu saja pada computer yang akan kita pergunakan harus terdapat system operasi terlebih dahulu.

        Setelah terdapat system operasi pada computer yang akan kita gunakan, selanjutnya kita tinggal melakukan instalasi program-program aplikasi untuk mengakses internet. Beberapa contoh perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk mengakses internet antara lain :

A. Browser

        Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses World Wide web ( WWW ). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan menggunakan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai (multimedia) . untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer ( yang disbut www server atau web server ) digunakan program web client ang disebut web browser atau browser saja. Jenis - Jenis Browser yang sering digunakan antara lain :



1. Microsoft Internet Eksplorer



        Microsoft internet eksplorer adalah perangkat lunak browser dari system operasi windows. Jika computer yang akan dipergunakan menggunakan system operasi windows, maka aplikasi ini sudah terdapat di dalamnya.


2. Mozila Firefox


 Mozila Firefox  merupakan program yang bisa kita pergunakan secara bebas.

        Mozila Firefox sengaja dikembangkan secara gratis untuk dipergunakan siapa saja. Untuk menjalankan menjalankannya terlebih dahulu kita harus menginstallkanya pada computer yang dipergunakan . Monitor FIrefox bisa dijalankan pada berbagai system operasi seperti Windows , Linux, Unix. Installer Mozila Firefox bisa kita dapatkan dengan mendownload dari situs www.getfirefox.com .




3. Opera



        Opera adalah aplikasi untuk browser yang bisa kita pergunakan secara bebas atau freeware. Jika computer yang kita gunakan menggunakan system operasi windows, kita harus melakukan intalasi program ini untuk menjalankannya. Instaler untuk opera bisa dengan mudah didapat melalui internet pada situs http://www.opera.com/.



4. Download Manager




        Download manager adalah fasilitas internet yang dipergunakan untuk mendownload (memindahkan) file dari internet ke computer client. Aplikasi ini diperlukan jika file-file yang akan dipindahkan tersebut cukup besar sehingga tidak mungkin jika hanya dipergunakan proses Save As dari internet ke computer client saja. Hal ini berhubungan dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses memindahkan dat tersebut.

        Memindahkan file besar hanya dengan proses Save As saja akan mengalami kendala jika tiba –tiba koneksi internet terputus. Namun, dengan menggunakan Downloas Manager , saat koneksi terputus, maka proses pemindahan data akan dihentikan oleh download manager dan dilanjutkan kembali saat koneksi sudah tersambung kembali. Dengan demikian proses pemindahan data menggunakan download manager terbilang ama dan kecil kemungkinan terjadi kegagalan.



B. Clien E-mail


        Clien E-mail atau E-mail Client adalah fasilitas yan digunakan untu mendownload email dari penyedia layanan email yang mendukung protokol POP3. Dena menggunakan klien email kita dapat mengatur manajemen akun email yang dimiliki tanpa harus membuka halaman web dari penyedia layanan email.
Beberapa klien email diantaranya Outlook Express, yang merupakan aplikasi yang sudah terdapat dalam sistem operasi windows , mozila thunderbird yang bisa dipergunakan pada berbagai sistem operasi.




C. IRC Client

        IRC client adalah singkatan dari Internet Relay Chat yaitu software yang berfungsi untuk membantu kita berbincang - bincang secara langsung (real time) lewat media teks dengan banyak orang diseluruh dunia.
Diantarana :

1.  mIRC




        mIRC adalah salah satu aplikasi klien dari IRC windows . aplikasi ini dibuat oleh khaled mardam-Bey. mIRC adalah aplikasi shareware , oleh sebab itu kamu bisa mempergunakan aplikasi ini secara bebas tetapi dalam waktu yang dibatasi.

        Untuk mempergunakan mIRC ini kita harus menginstallnya terlebih dahulu, sebab aplikasi ini tidak ada secara asli pada system operasi windows. Dan untuk mendapatkan installlernya kamu bisa mendownloadnya dengan menggunakan download manager pada situs http://www.mirc.com/


D. Dial-up Networking


        Dial-Up Networking adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi kita engan jaringan internet global lewat sebuah Internet Service provide. software ini hanya menyuruh kita untuk memasukan nomor telepon , username, dan password yang pada akhirnya ia akan mengirimnya ke ISP supaya kita bisa berhubungan dengan internet.


E. Surfing / Browsing

        Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila  menjelajahi dunia maa atau web. tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkanteks tapi juga gambar - gambaryang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surffing berjam-jam. karena itu para netterharus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan di kunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter  akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.

0 komentar:

Posting Komentar