Pages

Rabu, 08 Februari 2012

Mengakses Website

        Kebanyakan apa yang kita lakukan dalam dunia internet adalah mengakses sebuah website dari pada menggunakan bentuk informasi yng lain seperting mailing list . hal ini disebbkan karena website mebsite memilikitampilan yang unik serta menarik . website mampu merangkul semua jenis informasi yang ada di sunia, baik itu  berupa tulisan, gambar diam dan gambar bergerak ataupun surat dan musik, inilah yang membuat website begitu di cari- cari bahkan ada beberapa pihak yang sengaja memberi penghargaan untuk website yang mempunyai desain yang bagus dan di dalamya terkandung informasi yang berguna.


1. Pengertian Web Browser
         Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. Atau Web Browser adalah sebuah software yang digunakan untuk mengakses internet.
Saat ini, macam-mcam Browser yang digunakan sangat banyak, diantaranya:   - Mozila Firefox
   - Google Chrome
   - Internet Explorer
   - Safari
   - Landscape dll.
Intrnet Explorer merupakan Browser yang menyatu dengan Sistem Windows, jadi jika di komputer kita tidak mempunyai software yang tadi saya sebutkan, kita dapat menggunakan Internet Explorer.

2. Cara menjalankan Browser
    Langkah- langkah untuk menjalankan Browser yaitu
   - Klik Start
   - Pilih Program
   - Klik Browser yang akan digunakan
   - Komputer siap menjalankan software
3. Menulis alamat website
        Website memiliki sebuah alamat untu menunukan letak keberadaannyahal ini dapat diumpakan seperti sebuah rumah , di dunia ini terdapat ratusan juta atau bahkan ribuan juta rumah yang berisis beragam manusia beserta sifatnya. kita tidk akan tahu dimana rumah teman kita tinggal jika kita tidak memperoleh petunjuk. Dan salah satu petunjuk yang paling penting adalah alamat rumah.
        Agar browser membawa kita ke sebuah website berdasarkan alamatnya, kita harus memasukan alamat itu kedalam lokasi yang tepat. Contohnya dalam Internet Explorer terdapat sebuah kotak yang panjang dan disamping kotak tersebut tertulis Address. Kotak inilah yang harus kita isi sesuai dengan alamat yang kita tuju yang berisi informasi yang kita sukai dan inginkan.

4. Contoh - Contoh Alamat Website
        Alamat website lebih sederhana meskipun kita wajib teliti saat menuliskanya supaya browser tidak membawa kita ke alamat yang salah
Bentuk alamat website adalah :
http://www.nama domain

5. Pengertian Domain
        Alamat internet memilikiki sebuah kode yang dinamakan dengan Domain. Kode ini terletak dibagian belakang alamat website.
              b. http://www.pikiranrakyat.com/
              c. http://www.rcti.co.id/
6. Pengertian Link
        link atau nama lengkapnya Hyperlink merupakan semacam pintu yang menghubngkan satu alamat website dengan halaman-halaman website yang ada atau alamat website lainya.
Adapun fungsi dari link diantaranya:
a. Untuk menghubungkan dari satu halaman website kehalaman lain
b. Untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat website lain
c. untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat e-mail
d. Untuk menjalankan sebuah aplikasi misalnya memperdengarkan musik, gambar bergerak, manyimpan program dan lain sebagainya.

7. Ciri-Ciri Link
        Ada beberapa ciri-ciri untuk mendapatkan link yaitu:
a. Teks yang mengandunglink biasanya bergaris bawah
b. Sebuah link, apakah berada dalam sebuah teks atau gambar akan merubah bentuk kursor mouser dari anakan panah menjadi gambar tangan

8. Cara Membuka Link
       Cobalah kita masuik kesebuah website dengan menulis alamat website itu terlebih dahulu. Setelah itu, kita gerak-gerakkan mouse dan amati bentuk kursor mouse. Apabila berubah bentuk dari anak panah menjadi gambar tangan di atas sebuah teks atau gambar , artinya teks atau gambar itu mengandung link. Kliklah tombol kiri mouse pada link itu dan kita akan dibawa kehalaman lain.

9. Cara Mencetak Website
        Sanagt dimungkinkan apabila kita menemukan informasi yang menarik di internet seperti berita, penelitian dan sebagainya, kemudian kita ingin mencetak informasi tersebut supaya bisa kita bawa kesana kemari kepada orang lain. Software Internet Explorer menyediakan fasilitas untuk mencetak satu buah alamat website lewatsebuah printer. sebelum melakukan hal tersebut diatas , kita terlebih dahulu mensetting ukuran kertas agar informasiyang ada didalam website itu tertampung dengan tepat diatas kertas.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Pilih menu file
b. Pilih menu Page Setup
c. Tentukan ukuran kertas, misalnya : A4
d. Di bagian Orientatipns, kita bisa menentukan dengan kertas horizontal atau kertas vertikal
e. Tentukan margin kiri, kanan, atas atau bawah
f. Teka OK

10. Menyimpan Alamat Website
         Suatu ketika kita ingin memiliki atau menemukan sebuah alamat yang akan membawa kita kesebuah website yang menawarkan informasi dan teknologi yang sangat dibutuhkan dan alamat tersebut tak ingin dilupakan begitu saja barangkali kita akan menuliskan kedalam secarik kertas dan menyimpanya ditempat pribadi kita. Hal tersebut sebenarnya tidak pelu, karena software Internet Explorer menyediakan fasilitas khusus yang dinamakan dengan FAVORITES yang fungsinya untuk menyimpan alamat-alamat website yang menarik.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Ketikalah alamat website yang menurut kita sukai dikotak address dan tekan enter
b. Lalu tekanlah menu Favorites
c. Pilihlah Add to Favorites
d. Berilah nama alamat website yang ingin kita simpan dengan nama tertentu yang kita sukai dikotak name.
e. Kliklah Ok

Wah, mungkin hanya segini hal yang saya tahu,, semoga bermanfaat :D ^^

0 komentar:

Posting Komentar